telusur.co.id– Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios di 2018 ini kembali menjalin duet maut. Kedua mobil ini sepakat untuk memoles tampilan model SUV dengan tujuan agar konsumen baru tertarik untuk membeli mobil dengan 7 penumpang tersebut.

Tampilan Rush dan Terios dari 2007 lalu, memang sangatlah mirip bagai pinang dibelah dua. Bahkan, jika pembeli melihat sekilas kedua mobil itu kemungkinan sedikit sulit membedakannya. Karena memang desain yang sangat mirip bahkan bisa dibilang kembarannya. Mungkin, perbedaannya hanya jika melihat dari dekat, maka tampak luar atau ketika anda melihat mobil SUV ini sedang berjalan itu ada pada logonya saja.

Menurut Toyota memang Ban cadangan sengaja dibuang. Karena bisa dibilang sudah ketinggalan zaman dan tidak modern untuk kelas Toyota. Apalagi, Toyota juga sudah riset ke konsumen mengenai posisi ban serep. Dan, sebagian besar menyarankan untuk mengganti posisi ban serep ke bagian bawah mobil. Hasilnya pada 2018 ini Rush dan Terios resmi melepas ban serep dan memindah posisinya dibagian bawah.

Untuk Terios, bedanya hanya ada 2 buah kantung air bags yang ada di bagian depan mobil untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi. Sedangkan Rush memiliki 6 buah airbags. Jadi jauh lebih baik rush dari sisi keselamatan dan keamanan ketika terjadi kecelakaan. Dan, vehicle stability control dan juga hill start assist pada Rush terdapat pada semua varian sedangkan Terios ada pada tipe R saja.

Selanjutnya, Rush memiliki kamera parkir untuk semua tipe variannya. Sehingga sangat memudahkan anda ketika sedang parkir mundur dan terlihat bagian belakang mobil. Namun untuk Terios memiliki sensor pada ujung samping depan dan kamera pantau 360 di varian yang paling mahal.

Pada semua varian Rush memiliki 7 buah indikator safety belt yang bisa memberikan tanda apabila tidak terpasang dengan benar. Terios tidak memiliki 7 buah indikator safety belt. Karenanya, perlu melakukan pengecekan manual apabila berisi penumpang penuh selalu safety.

Emergency Stop/Brake signal kedua mobil ini pada saat pengereman mendadak ini ada pada semua varian rush terbaru, namun pada terios hanya pada tipe R saja.

Dengan spesifikasi pada lampu dibilang otomatis kedua mobil ini keunggulannya yang ada pada Terios adalah adanya lampu depan otomatis pada tipe R dan Rush tidak memiliki lampu depan otomatis pada semua variannya. Nampaknya dari sisi ini Terios jauh lebih unggul dibandingkan Rush terbaru.

Untuk audio pada Rush, tipe trd sportivo memiliki keunggulan dari double din yang canggih lantaran bisa terhubung dengan internet. Bahkan, anda juga bisa dengan leluasa mengakses yang bisa menuju navigasi waze yang akan mempermudah anda ketika melakukan perjalanan jauh untuk mengetahui keadaan jalan sekitarnya.

Audionya juga didukung dengan 8 surround sound speaker, dan pada Terios tipe R hanya memiliki 6 buah mid range speaker ditambah dengan 2 tweeter saja

Itulah perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios, apakah kalian berminat untuk membeli kedua merk mobil ini?[far]

Laporan: Noor Muhammad Ikhlas R

 

Bagikan Ini :