Honda Tiger cafe racer. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Motor adalah salah kendaraan yang memilki peminat tinggi. Selain harga yang lebih murah dari mobil, kemudahan dalam penggunaan pun jadi pertimbangan.

Kamu yang merupakan pengguna motor pasti pernah berpikir untuk memodifikasi tampilan motormu.

Tren modifikasi sepeda motor terus mengalami perkembangan. Dari dekade ke dekade. Selalu ada model dan fenomena baru di dunia custom motorbike. Hal itu juga terjadi di Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna sepeda motor terbanyak di dunia.

Jenis-jenis custom motorbike klasik yang dikenal di dunia a.l. bobber, bratstyle, café racer, chopper, cutdown, drag bike, rat bike, scrambler, streetfighter, street tracker, supermoto, tribsa dan triton motorcycle.

Dari sekian banyak macam-macam motor custome yang paling digemari anak muda Indonesia motor berjenis Cafe Racer.

Cafe Racer motor yang menurut anak muda sangat simpel dengan harga terjangkau tapi tingkat kenyamanannya kurang.

Dengan bodinya yang ringan, minimalis, dan handlebar-nya yang rendah dan motor modifikasi yang dipopulerkan oleh para pemuda di Europa itu lebih ideal untuk digunakan berkendara dalam kecepatan tinggi pada jarak pendek.

Istilah café racer sendiri mulai berkembang di kalangan bikers Inggris pada awal dekade 1960. Istilah itu diperkenalkan para pemuda dari subkultur Rocker atau Ton-Up-Boys, yang gemar naik motor untuk balapan jarak pendek dari satu kafe ke kafe lain.

Konon, gerakan cafe racer bercokol dari sebuah kafe bernama Ace Cafe yang berlokasi di Ace Corner, North Circular Road, London. Bahkan, hingga saat ini, kafe tersebut masih dijadikan tempat nongkrong rutin para pecinta kendaraan roda dua.

Pada awalnya, modifikasi cafe racerhanya dilakukan pada motor-motor buatan Eropa bersilinder besar seperti Triumph, BSA, atau Norton. Desainnya dibuat minimalis dan modifikasinya lebih difokuskan pada tune up mesin untuk memaksimalkan kecepatan.

Di Indonesia, Cafe Racer juga memiliki penggemar yang tidak sedikit.

Bahkan, banyak komunitas motor modifikasi cafe racer bermunculan di berbagai macam daerah dan kota.

Dijaman sekarang ini berbagai macam motor custome bermunculan dengan basic motor apa saja. Seperti motor Yamaha Scorpio buatan Japan dengan cc 225 itu pun bisa dimodifikasi bergaya Cafe Racer atau semacam dengan harga yang terjangkau.[far]

Laporan: Noor Muhammad Ikhlas R

Bagikan Ini :