telusur.co.id- Dalam rangka meningkatkan kualitas guru saat mengajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten menggandeng Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggelar pelatihan Penyusunan Peningkatan Pembelajaran Bidang Ketenagaan Dan Kelembagaan. Acara tersebut digelar di Auditorium Dinas Pendidikan dan Kebudayan Banten, Rabu (19/9/18).

Kepala Bidang Ketenagaan dan Kelembagaan Muhamad Taqwim menyatakan, tugas seorang guru itu sangat mulia yakni mendidik manusia. Karenanya, dalam mengajar, memberikan materi harus mampu membuat siswa memahami dan mengerti ilmu yang disampaikan.

“Guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan,” kata Taqwim dalam sambutannya dihadapan para peserta 60 Guru SMA se-Banten

Taqwin berharap para Guru yang hadir dalam pelatihan, mengikuti hingga selesai dan menyerap ilmu-ilmu yang disampaikan para pendamping. Tak hanya itu, Ia juga meminta agar para Guru menyelesaikan dengan baik tugas-tugas yang diberikan .

Lebih lanjut, Taqwim berpesan, ke depan  para Guru dalam memberi materi kepada siswa-siswanya mampu membaca kondisi kelas. Termasuk menyusun perangkat pembelajaran yang nanti ilmunya akan diresepi oleh para siswa.

“Setiap Guru harus mampu menyusun perangkat pembelajaran sesuai kondisi kelas,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Pengurus Pusat IGI Nurbadriyah mengaku yakin, setelah mengikuti pelatihan, para Guru tidak akan kesulitan mengejar.

FOTO: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten menggelar pelatihan Penyusunan Peningkatan Pembelajaran Bidang Ketenagaan Dan Kelembagaan

Namun demikian, kata Noerbad, sapaan karibnya, guru-guru juga harus mampu menumbuhkan kreativitas dalam proses belajar mengajar.

“Pembelajaran yang semula sulit bagi Guru, (setelah ikut worshop,red) kini tidak lagi. Guru malas masuk kelas karena ilmunya terbatas, kini tiada lagi. Guru Banten harus inovatif, kreatif dan inspiratif,” tutup.

Workshop ini diakhiri usai para peserta mengumpulkan bahan ajar. Karya inovatif ini selanjutnya akan dibukukan dan dipublikasikan.[Ham]

 

Bagikan Ini :