Acara Pelatihan Vocational Keterampilan Teknis Bagi SDM KUMKM di Hotel Prime Park, Cikutra, Bandung, Jumat (21/9/18).FOTO: Humas Kemenkop UKM

telusur.co.id- Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Rully Nuryanto mengatakan saat ini packaging dan e-commerce adalah dua hal penting yang harus miliki seseorang wirausahawan. Hal ini tentunya berbeda dengan era-era sebelumnya, yang lebih mengutamakan produk.

“Ini berlaku disemua bidang usaha, contohnya, tahukan warung upnormal. Itukan hanya warung indomie biasa ya, tapi kenapa dia bisa berkembang sedemikian rupa,” kata Rully saat memberikan sambutan di acara bertajuk Pelatihan Vocational Keterampilan Teknis Bagi SDM KUMKM di Hotel Prime Park, Cikutra, Bandung, Jumat (21/9/18).

Rully menerangkan, kenapa warung upnormal yang hanya jual mie bisa begitu jaya? kuncinya karena pemiliknya pandai bermain dengan packaging, pemiliknya mengetahui kaum milenial sekarang menilai tempat nongkrong, jaringan wifi dan spot-spot foto menjadi hal utama dalam sebuah usaha, rasa jenis dagangan nomor sekian.

“Pedagang mie kekinian itu, saat ini tidak hanya dilakukan oleh warung upnormal tetapi juga oleh what’s up cafe. Hasilnya kedua warung itu, sama-sama dijadikan tempat kumpul kaum milenial yang akan nongkrong,” terangnya.

Rully menilai, hal ini menjadi bukti, kaum milenial sekarang tidak terlalu menomor satukan rasa tetapi lebih hal-hal lain diluar rasa, seperti eye catching-nya suatu produk.

“Bicara cemilan, ini juga berpengaruh, ada kemasan bagus tetapi kemasannya sudah dibuka. Akhirnya cemilan tersebut tidak laku, sebab pembeli malas beli,” jelasnya.

Rully juga mengatakan selain packaging, e-commerce juga patut diperhatikan seorang pelaku wirausaha. Pengaruh e-commerce juga sangat penting, untuk meningkatkan pemasaran.

“Jaman dulu, wirausaha harus punya lapak, toko atau outlate sebelum usaha, datang ke toko juga sudah harus rapi atau wangi. Wirausahawan sekarang tidak lagi, bangun tidur sudah bisa dagang,” katanya.[Ham]

Bagikan Ini :