Sate Kuah Pontianak. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Indonesia memang kaya akan sektor pariwisata. Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah kuliner khas dari setiap daerah. Tidak diragukan lagi perpaduan rempah-rempah disetiap kuliner daerah menjadi cita rasa yang bikin lidah meleleh. Salah satunya adalah wisata kuliner Sate kuah Pontianak.

Barangkali, sate berkuah dianggap aneh dan tak lazim oleh sebagian masyarakat yang terbiasa memakan sate dengan bumbu kacang atau kecap.

Sate kuah Pontianak mempunyai komposisi bahan yang sama dengan sate pada umumnya. Dalam satu porsi sate terdapat lima tusuk daging ayam yang disiram bumbu kacang serta tambahan lontong sebagai pelengkap sate.

Yang membedakan sate kuah Pontianak dengan sate lainnya adalah pada saat akan disajikan. Sate Pontianak diberi tambahan kuah yang berasal dari kaldu daging.

Termasuk juga ada
tambahan bawang goreng, daun bawang serta irisan jeruk nipis menambah kekayaan cita rasa dari sepiring sate kuah Pontianak.

Masyarakat Pontianak pada umumnya menikmati sate kuah dengan didampingi minuman es kopi susu. Memang aneh, tetapi rasanya sangat lezat dan segar. di tambah lagi, Pontianak memang terkenal dengan banyaknya kedai kopi murah yang menyajikan kopi-kopi nikmat resep racikan sendiri.[far]

Laporan: Althaf Rizka

Bagikan Ini :