Foto: Net

telusur.co.id – Melepas lelah dimalam hari dengan memejamkan mata atau tidur suatu hal yang biasa. Tapi taukah anda perbedaan tidur antara lampu menyala dengan lampu yang dimatikan.

Dari beberapa peneletian yang dilakukan oleh para ilmuan salah satunya Joyce Walsleben, PhD, yang juga anggota asosiasi dosen di New York University School of Medicine, menyatakan, tidur dengan lampu menyala tidak baik untuk tubuh dan dapat merusak sistem pencernaan pada tubuh.

Menurutnya, cahaya lampu di malam hari memiliki faktor risiko yang sangat berpengaruh untuk mengembangkan kanker payudara dan tubuh akan memicu reaksi berlebihan dari sel yang berhubungan dengan pembentukan kanker.

Namun jika, tidur dengan lampu di padamkan bisa mengurangi dampak negatif. Karena, saat tidur dalam kondisi gelap, tubuh memproduksi hormon melatonin salah satu hormon yang menunjang kekebalan tubuh.

Hormon ini membuat kita terhindar dari penyakit yang parah sekalipun, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Selain itu tidur dengan kamar yang gelap akan membuat jauh lebih lelap dan ketika bangun badan akan terasa lebih segar di pagi hari.[]

 

Laporan: Lita

Bagikan Ini :