Ketua KPU RI Arief Budiman./Foto telusur.co.id

telusur.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengingatkan kepada partai politik dua pasangan capres dan cawapres untuk melaporkan dana awal kampanye ke KPU hari ini (Minggu/23/9).

“Laporan dana kampanye disampaikan hari ini terakhir pukul 18.00,” ungkap Arief disela-sela konferensi pers di Monumen Nasional (Monas), Minggu (23/9).

Dijelaskan Arief, laporan aturan dana kampanye diperintahkan di dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik, dan ayat 2 untuk caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pasal 338 ayat 1 menyebutkan, dalam hal pengurus partai politik peserta pemilu tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/kota tidak menyampailan laporan awal dana Kampanye pemilu kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/Kota sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam pasal 335 ayat 2; partai politik yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang, bersangkutan.

Sedangkan Pasal 338 ayat 2 menyebutkan, dalam hal calon anggota DPD peserta pemilu tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye pemilu kepada KPU melalui KPU Provinsi sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 335 ayat (3), calon anggota DPD yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai Peserta Pemilu.

Dia melanjutkan, setelah laporan dana awal ini dilaporkan, peserta pemilu dapat kembali mengumpulkan dana kampanye sampai jelang kampanye ditutup. (ham)

Bagikan Ini :