Net

telusur.co.id – Setiap peserta pemilu harus melaporkan dana awal kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Batas akhir sore ini (Minggu/23/9).

Koordinator juru bicara pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil A Simanjuntak mengungkapkan jika Sandiaga Uno akan melaporkan dana awal kampanye pada pukul 15,30 Wib.

“Hari ini pukul 15.30 WIB, InsyaaAllah, Bang @sandiuno dan saya akan melaporkan laporan saldo awal dana kampanye ke KPU RI. #AdilMakmur #transparanAkuntabel,” ungkap Dahnil dalam akun twitternya, Minggu.

Seperti diketahui, laporan aturan dana kampanye diperintahkan di dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik, dan ayat 2 untuk caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pasal 338 ayat 1 menyebutkan, dalam hal pengurus partai politik peserta pemilu tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/kota tidak menyampailan laporan awal dana Kampanye pemilu kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/Kota sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam pasal 335 ayat 2; partai politik yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang, bersangkutan.

Sedangkan Pasal 338 ayat 2 menyebutkan, dalam hal calon anggota DPD peserta pemilu tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye pemilu kepada KPU melalui KPU Provinsi sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 335 ayat (3), calon anggota DPD yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai Peserta Pemilu. (ham)

Bagikan Ini :