Joko Widodo/Net

telusur.co.id – Memasuki masa kampenye Pemilihan Presiden 2019, salah satu unsur relawan Joko Widodo (Jokowi) menarik dukungannya.

Adalah Garda Nawacita yang mengaku kapok karena menilai capres petahana itu sudah tak dapat lagi dipercaya.

Salah satu kekecewaannya pada pemerintahan Jokowi, yakni soal visi poros maritim dunia, yang dinilainya tak terwujud.

“Mana komitmen Pak Jokowi termasuk pendukung-pendukungnya itu yang katanya punya visi mewujudkan poros maritim dunia,” kata Ketua Garda Nawacita, Abdullah Kelrey dalam keterangan kepada redaksi, Senin (24/9/18).

“Kita kapok menelan janji-janji kosong seperti maritim ini contohnya. Yang katanya mau wujudkan kejayaan bangsa di laut, tapi pada kenyataannya rapor-nya justru merah semua di bidang maritim.”

Jokowi yang kini menjadi capres petahana berpasangan dengan Ma’ruf Amin menurut pandangannya tidak konsisten dengan janji yang didengungkannya pada 2014 silam.

“Yang paling kelihatan saja sekarang waktu Hari Maritim Nasional. Kok tidak ada peringatannya, atau memang Jokowi tidak tahu,” kata dia.

Bagi dia, jika dokumen sejarah yang penting bagi pembangunan maritim saja dilupakan, sudah pasti ketika bicara maritim keseluruhan maka menjadi omong kosong.

“Tidak perlu jauh-jauh ke masalah pilar pembangunan maritim yang ada 7 pilar, orang sejarah maritim bangsa ini saja tidak paham.” [ipk]

Bagikan Ini :