Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net

telusur.co.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sudah memenuhi salah satu janji kampanyenya yakni mencabut izin pembangunan pulau reklamasi. Anies pun dianggap sudah meneggakan aturan.

Demikian disampaikan oleh Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera dalam keteranangnya, Kamis (27/9/18).

“Apresiasi pada Mas Anies yang dengan tegas menegakkan peraturan untuk menjadi pembelajaran bersama,” kata Mardani.

Menurut Mardani, langkah Anies memutuskan mencabut izin 13 pulau reklamasi di Teluk Jakarta menjadi bukti kehadiran negara dalam mengawasi proses pembangunan yang berpihak kepada rakyat. “Kehadiran negara, dalam hal ini Pemda, untuk mengawal proses pembangunan yang punya kepemihakan pada publik,” imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini berharap, alokasi-alokasi anggaran yang dipakai untuk pulau reklamasi digunakan untuk pembangunan yang sesuai dengan kepentingan rakyat.

“Ke depannya, diharapkan alokasi pulau reklamasi digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat dan publik,” tandasnya.

Sebelumnya, Anies mengumumkan penghentian segala proyek reklamasi di wilayahnya usai rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (26/9/18) kemarin.

“Secara resmi mencabut seluruh izin pulau-pulau reklamasi tersebut sehingga kegiatan reklamasi di Jakarta bisa saya umumkan hari ini bahwa kegiatan reklamasi telah dihentikan,” kata dia.

Menghentikan reklamasi merupakan bagian dari janji kampanye Anies saat Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu. Langkah itu diawali dengan menarik pembahasan Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) serta Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantura Jakarta (RTRKS Pantura) bersama DPRD DKI pada Desember 2017.[far]

Bagikan Ini :