Politikus PKS Al Muzammil Yusuf/telusur

 

telusur.co.id- Anggota Komisi X DPR Al Muzammil Yusuf memastikan, parlemen nanti akan menggodok undang-undang terkait sepak bola di Tanah Air. Tujuannya, agar peristiwa yang dialami The Jakmania Haringga Sirila tak terulang lagi.

“Saya akan sampaikan ke Baleg (Badan Legislasi DPR) kita buat undang-undang (tentang sepak bola),” kata Muzammil di Kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (29/9/18).

Politikus PKS ini menjelaskan, UU itu nanti tak hanya soal para pemain tetapi juga mengatur tentang suporter, pihak keamanan dan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan.

Dijelaskan Muzammil, di beberapa negara Eropa, parlemennya sudah mengeluarkan produk UU khusus yang mengatur sepak bola. Sementara di Indonesia belum ada. Jika UU sudah ada, nanti akan ada edukasi bagi para suporter. Sehingga insiden bentrok antar suporter yang tak jarang memakan korban jiwa itu, bisa dicegah dari awal.

Oleh sebab itu, saat penggodokan UU nanti, DPR akan meminta masukan dan melibatkan semua kelompol kepentingan termasuk pihak media massa serta para pimpinan fans klub.

“Penyelesaian (masalah sepak bola) lebih integral itu pada UU. Semua pihak ya PSSI nya Menpora, Pemda, suporter itu saya kira lebih integral, mungkin juga televisi kita libatkan disitu,” ungkapnya.[Ham]

 

Bagikan Ini :