telusur.co.id – Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengucapkan bela sungkawa atas musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

“Muhammadiyah sampaikan duka atas bencana gempa bumi yang terjadi di Donggala, Palu,” ucap Haedar melalui akun twitternya, Sabtu.

Dia berharap masyarakat yang berada di Donggala dan menjadi korban gempa bisa tabah dalam menjalani musibah yang terjadi.

“Semoga saudara-saudara tercinta di dua wilayah tersebut tetap diberi kesabaran, ketabahan, dan tawakal atas musibah yang terjadi. Seraya tetap tenang, waspada, dan tegar dalam menghadapinya,” ucap dia.

Berdasarkan pantauan BMKG, terjadi tsunami di Palu, dan berdasarkan saksi mata dan stasiun BMKG terjadi tsunami setinggi 1.5 m dikarenakan di daerah tsb berbentuk teluk sehingga lebih tinggi apabila terjadi kenaikan muka laut.

Kondisi ini telah diinformasikan oleh BMKG pada sore hari bahwa terjadi potensi tsunami 0.5 m-3m (siaga) sementara di Mamuju terjadi kenaikan muka laut setinggi 6 cm dan BMKG pun telah memberikan peringatan level ketinggian tsunami sebelumnya. (ham)

Bagikan Ini :