Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono/Net

telusur.co.id – Bekas presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji aksi Presiden Jokowi yang langsung turun gunung ke lokasi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Menurut SBY, meskipun tidak sebesar dan sedahsyat gempa bumi di Aceh dan Nias dulu, kali ini gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulteng juga besar. “Korbannya kita saksikan besar,” ujar SBY melalui video, Minggu.

Oleh karena itu, tindakan cepat presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana dinilai tepat. “Dengan datang langsung ke daerah bencana, beliau akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan dan kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat tapi juga efektif,” ujarnya.

Selanjutnya, SBY mengusulkan dalam keadaan seperti ini, untuk sementara waktu di Sulteng dan daerah sekitarnya agar menghentikan kegiatan kampanye pemilu.

“Saya kira saatnya kita menunjukan solidaritas dan membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah dan sekaligus membantu pemerintah baik pada fase tanggap darurat maupun pada saat rehabilitasi dan rekontruksi,” sarannya. (ham)

Bagikan Ini :