telusur.co.id – Bagi yang suka mengkonsumsi makanan sehat dan organik harus mencoba chia seed atau bisa disebut juga biji selasih. Chia seed sering kali digunakan sebagai bahan pelengkap di dalam smoothies, sereal, granola, yoghurt, roti, bahkan dapat dicampur dengan air putih. Chia seed aman dikonsumsi dan memiliki manfaat yang besar karena chia seed merupakan biji-bijian alami yang tidak diproses menggunakan teknologi canggiih dan bahan-bahan kimia.

Chia seed ini berasal dari Guatemala, Meksiko, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Chia seed mengandung akan asam lemak omega-3, serat, protein, antioksidan, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya. Bahkan suku Aztec menjadikan chia seed sebagai makanan pokok karena menurut kepercayaan mereka biji chia dapat meningkatkan energi atau stamina tubuh.

Jika mengkonsumsi Chia seed akan mendapatkan sumber antioksidan yang baik. Chia seed juga dapat membantu meningkatkan sistem saraf pusat, meingkatkan imunitas tubuh, membantu mengganti beberapa nutrisi penting dan mineral yang hilang saat berolahraga, serta dapat melawan penuaan dini dan merawat kulit. Chia seed cocok sekali untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin awet muda, dengan mengkonsumsi dua sampai tiga sendok per hari.

Beberapa manfaat Chia Seed yaitu dapat menurunkan berat badan, dapat menghidrasi kulit para atlet, baik bagi penderita diabetes, membantu nafsu makan, tidur serta mood dalam diri seseorang, membantu proses pembentukan tulang dan gigi, kaya kandungan mineral mangan, membantu mencegah peradangan dan jantung, dan membantu proses detoksifikasi.

Dari banyaknya manfaat Chia Seed ini, salah satu manfaat yang menarik yaitu Chia Seed dapat menyerap gula dan baik bagi penderita diabetes. Chia Seed mampu memperlambat proses konversi dari karbohidrat menjadi gula darah. Namun hal itu terjadi saat chia seed dikonsumsi bersama-sama saat mengkonsumsi karbohidrat, akan tercipta penghalang antara karbohidrat dan pencernaan enzim.

Saat ini sudah banyak yang mencoba untuk mengkonsumsi chia seed secara rutin terutama kalangan anak muda yang sadar akan kesahatan. Dengan banyaknya cara untuk mengkonsumsi Chia seed ini membuat kalangan anak muda tidak cepat bosan untuk mengkonsumsi chia seed tersebut. Yang terpenting adalah mengkonsumsi chia seed secara rutin agar dapat menghasilkan manfaat chia seed secara penuh terhadap tubuh.

Laporan: Sasya

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini