Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang / Foto:Bambang Tri P/ telusur.co.id

telusur.co.id- Lembaga Dewan Perwakil Daerah (DPD) RI mempunyai peran yang sangat penting terutama soal aspirasi daerah. Apalagi peran tersebut sudah tercantum dalam amandemen UUD 1945.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Jusu Kalla (JK) saat menghadiri peringatan HUT ke-14 DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/10/18).

“DPD adalah lembaga yang dibutuhkan untuk menampung aspirasi daerah dan peran DPD sudah ditentukan dalam UUD 45 yang sudah di amanden,” kata JK.

Politikus senior Partai Golkar ini juga berharap, dalam bekerja, DPD selalu menjaga keharmonisan dengan DPR. Tujuannya agar aspirasi dari rakyat selalu diwujudkan dengan baik di lembaga legsilatif.

Tak hanya itu, JK juga berpesan, agar DPD selalu meningkatkan kualitas kinerjanya. DPD, sebagaimana fungsinya, harus terus menampung kepentingan daerah dan menjaga keseimbangan baik legislasi maupun anggaran.

“Harapan kami, DPD terus bekerja yang sebaik-baiknya untuk menampung aspirasi daerah dan terus memberikan keseimbangan apakah itu legislasi atau anggaran. Keseimbangan itu sangat penting agar tetap bersatu dan  haromonis. Itu lah pesan kami, agar bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.[Ham]

Bagikan Ini :