telusur.co.id – Semua pihak diminta tidak melupakan ribuan korban gempa Lombok dan Sumbawa yang hingga kini masih memerlukan banyak bantuan.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan, Senin (1/10/18).

Dikatakan, kebutuhan mendesak yang masih diperlukan masyarakat Lombok dan Sumbawa meliputi makanan siap saji, air bersih dan sanitasi, layanan kesehatan dan pemulihan trauma, hunian sementara berupa terpal/tenda, selimut, keamanan petugas dan warga, kebutuhan bayi dan balita, tenda terpal untuk fasilitas umum/sosial, tikar dan kelambu.

Menurut Sutopo, pendampingan penanganan darurat bencan gempa Lombok dan Sumbawa terus dilakukan di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

“BNPB merekomendasikan percepatan penetapan standar prosedur operasional untuk memperbaiki rumah rusak dan dukungan penguatan hunian sementara,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :