Sekretaris Majelis Syura Partai Bulan Bintang, Sahar L Hassan. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Imbauan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar kegiatan kegiatan kampanye baik Pemilu maupun Pilpres di daerah Sulawesi Tengah untuk sementara dihentikan, patut diapresiasi. Namun, imbauan itu tidak berlaku bagi partai politik lain.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Majelis Syura Partai Bulan Bintang (PBB), Sahar L Hassan kepada telusur.co.id, Senin (1/10/18).

“Jadi terkait kampanye itu diserahkan kepada parol masing-masing. Demokrat tidak berkampanye bagus lah karena ketuanya (SBY imbau hentikan kampanye),” kata Sahar.

Baca juga: Saran SBY Kampanye di Sulteng Dihentikan Sementara, Politisi PDIP: Apa Korelasinya

Sahar menuturkan, musibah gempa bumi dan tsunami di Donggala-Palu serta sekitarnya, tentu menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia. Namun, jika paslon Pilpres atau parpol tetap berkampanye, maka tidak boleh juga dicegah.

Baca juga: PPP Sebut Saran SBY Setop Kampanye di Sulteng Sah-sah Saja, Asal…

“Kalau yang lain merasa perlu kampanye, tidak apa-apa,” tegas Sahar.

Menurut Sahar, dalam rangka meringankan beban masyarakat atau para korban yang bisa dilakukan ialah kegiatan berkampanye dengan membantu mereka. Jadi, ujar Sahar, semua partai bersatu, menyediakan kebutuhan-kebutuhan bagi para korban. Kampanye dalam hal ini ialah tidak memecah belah masyarakat.

Baca juga: Hindari Politisasi, Gerindra Sepakat Usulan SBY Hentikan Sementara Kampanye di Sulteng

“Yang paling penting adalah dia juga atau partai itu juga turut membantu kedukaan masyarakat Sulteng jadi jangan melarang (berkampanye)?”imbuh Sahar. “Kalau melarang untuk partainya sendiri tidak perlu kampaye silahkan. Tapi tidak boleh melarang partai-partai lain,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketum Demokrat SBY menyaranka kepada elite politik di tengah bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, sebaiknya kampanye Pilpres 2019 dihentikan sementara.

Menurut SBY, saatnya bangsa Indonesia menunjukkan solidaritas untuk saudara sebangsa yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah mengatasi bencana itu. Bantuan diberikan baik pada fase tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Marilah kita utamakan dulu bersatu padu kita membantu pemerintah, membantu saudara-saudara kita dan sementara saya kira kegiatan kampanye pemilu kita hentikan dulu,” kata SBY.[far]

Bagikan Ini :