FOTO: Biro Pers Setpres

telusur.co.id- Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk memimpin jalannya penanganan bagi para korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong. Hal itu disampaikannya saat menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/10/18).

Presiden juga menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk menjadi koordinator penanganan.

“Pagi hari ini saya sampaikan sekalian agar penanganan korban gempa dan tsunami yang ada di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong dikoordinasi oleh Menkopolhukam dan dikomandani langsung oleh Pak Wakil Presiden,” kata Presiden, dalam keterangan Biro Pers Setpres.

Adapun terkait dengan bantuan yang ingin disampaikan sejumlah negara sahabat, Presiden menyatakan kepada jajarannya bahwa pihaknya menerima bantuan yang diberikan negara sahabat. Presiden mengarahkan agar bantuan yang nantinya akan diberikan itu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan.

“Saya minta nanti Pak Menko juga menyampaikan kebutuhan-kebutuhan yang ada karena telepon yang masuk kepada kami (dari sejumlah negara) meminta apa yang dibutuhkan,” tuturnya.

Presiden meminta agar daftar kebutuhan prioritas dalam penanganan korban gempa di Sulawesi Tengah dapat segera disusun dan disampaikan kepada negara-negara sahabat yang menyatakan keinginannya untuk memberikan bantuan.

“Hal-hal lain yang dibutuhkan agar hari ini bisa kita putuskan dan kita sampaikan kepada negara-negara yang ingin membantu,” tandasnya.[Ham]

 

Bagikan Ini :