Gubernur Kalsel Sahbirin Noor secara resmi berangkatkan bantuan warga kalsel untuk korban gempa dan tsunami Sulteng/Achmad Juhriansyah

telusur.co.id-Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor secara resmi memberangkatkan bantuan warga Kalimantan Selatan untuk korban gempa bumi dan tsunami yang menimpa warga Palu, Sigi dan Donggala, Jum’at (05/10) usai peringatan HUT ke 73 TNI tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di dermaga 100 pelabuhan Bandarmasih Trisakti Banjarmasin, sekitar pukul 10.00 wita.

Bantuan warga kalsel dikumpulkan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin ini diangkut melalui jalur laut mempergunakan KRI Surabaya-591.

“Inilah salah satu bentuk kepedulian warga Kalimantan Selatan yang tidak bisa mendengar kalau suatu daerah mengalami bencana,” ujar Sahbirin Noor.

Sahbirin Noor menjelaskan, dengan ada nya bantuan ini diharapkan bisa sedikit meringankan beban bagi seluruh masyarakat Palu, Sigi dan Donggala.

“Untuk Pemprov Kalimantan Selatan juga akan merencanakan menggelontorkan dana bantuan, namun sejak awal terjadi nya musibah gempa dan tsunami, saya sudah perintahkan personil Tagana Dinas Sosial untuk langsung dikirim dan sekarang masih bertugas dalam misi sosial di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah,” papar Sahbirin Noor.

Sementara itu, Letkol Laut (P) Heru Samsul Hidayat, Komandan KRI Surabaya-591 menjelaskan bahwa sebenarnya kapal yang dibawanya mempunyai misi untuk mengangkut alat berat dan personil Denzipur Balikpapan dan Denzipur Banjarbaru. Namun melihat animo masyarakat yang menyerahkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami jadi semuanya kami angkut juga.

“Misi kemanusian ini sebenarnya mengangkut 60an personil Denzipur Banjarbaru dan 200an personil Denzipur Balikpapan beserta peralatan, namun besarnya animo masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan melalui jalur laut jadi kami akomodir untuk membawakannya,” pungkas Heru.(Achmad Juhriansyah).

Bagikan Ini :