Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net

telusur.co.id – Berita soal kebohongan Ratna Sarumpaet memang masih menjadi sesuatu bagi pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebab, isu kebohongan Ratna bisa dijadikan amunisi untuk saling intrik diantara mereka.

Namun, isu soal Ratna adalah hal yang membosankan bagi pengamat anggaran dan politik Uchok Sky Khadafi. Sebab saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin melorot.

“Tentang RS (Ratna Sarumpaet) sudah membosankan sekali. Kalau bagi cebong dan kampret memang masih sesuatu yang menarik untuk dijadikan amunisi untuk saling intrik,” kata Uchok kepada telusur.co.id, Jumat (5/10/18).

Menurut Uchok, jika Joko Widodo tidak mampu menjinakan rupiah, maka bukan tidak mungkin petahana itu bakal kalah dari Prabowo Subianto, di Pilpres 2019.

Untuk itu, dirinya menyarankan agar Jokowi segera bertindak dengan melakukan kebijakan yang pertama, yakni mengganti tim ekonominya.

“Pecat saja Menteri Keuangan Sri Mulyani,” kata dia.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin parah. Jika pada penutupan perdagangan kemarin rupiah tembus 15.179. Kali ini, mata uang Indonesia itu melemah 10 poin.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar hari ini, Jumat (5/10/18), menjadi 15.189. Sentimen eksternal mendominasi menekan laju nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. [ipk]

Bagikan Ini :