Sekjen Partai NasDem, Jhony G Plate /Foto: istimewa

telusur.co.id – Melambungnya dolar terhadap rupiah hingga Rp15.000 dinilai tak berdampak pada kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

Begitu disampaikan anggota Komisi XI DPR RI, Jhony G Plate kepada wartawan, Jakarta, Jumat (5/10/18).

“Defisit neraca perdagangan kita tidak seburuk yang dipikirkan, karena barang impor kita adalah barang-barang produktif untuk menggerakan kebutuhan ekonomi,” ucap dia.

Sekjen Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menegaskan pemerintahan Jokowi juga selalu mencari jalan terbaik agar kenaikan dolar tak berdampak pada sektor ekonomi.

Salah satunya dengan cara menaikan suku bunga atau BI 7-Day RR sebesar 5,7 persen.

Oleh karena itu dirinya menilai Pemerintah Jokowi-JK tidak perlu sampai merubah atau merevisi Foundamental ekonomi negara serta merubah APBN 2019 yang saat ini masih dibahas di DPR RI.

“Fundamental yang seperti apa yang mau dirubah.Pemerintah sudah melakukan pengeluaran kebijakan fiskal yang baik dengan meningkatkan suku bunga basis poin beberapa hari yang lalu,”

Meski demikian, dirinya tidak menampik kenaikan dolar yang menembus Rp15.000 tidak bisa dipandang sebelah mata. Bank Indonesia (BI) tetap harus mencari cara mengembalikan posisi rupiah yang sedang terpuruk.

“Jangan dianggap enteng harus disikapi. Ya pilihannya, menaikan BI Rate,” ucapnya kembali.[far]

Bagikan Ini :