Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net

telusur.co.id- Pemprov DKI Jakarta mensponsori aktivis sosial Ratna Sarumpaet berangkat ke Chile dalam rangka menghadiri Women Playwrights International Conference 2018 (WPIC) atau konferensi internasional perempuan penulis darama.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menuturkan, alasan Pemprov mensponsori Ratna, tujuannya untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di kancah Internasional.

“Ketika karya seniman-seniman kita tampil di dunia Internasional, itu membantu mempromosikan kebudayaan Indonesia,” ujar Anies di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10/18).

Menurut Anies, bukan hanya Ratna yang diberangkatkan ke luar negeri, Pemprov DKI juga melakukan hal yang sama kepada para seniman Ibu Kota. Salah satu conotoh ialah Frengki Raden, seorang ahli etnomusikologi yang saat ini sedang manggung di Korea Selatan.

“Hari ini Frengki Raden sedang pentas. Dia adalah ahli etnomusikologi dan 100 persen dibiayai Pemprov DKI,” jelasnya.

Oleh karena itu, imbuh Anies, jika ada seniman Tanah Air yang ingin “unjuk gigi” karya nya di pagung dunia, sudagh sepatunya untuk didukung.

“Untuk kita berada di panggung dunia menunjukkan karya-karya seni kita, sesuatu yang normal dan biasa saja,” sambungnya.

Diketahui, Pemprov DKI mengeluarkan dana sekitar Rp70 Juta untuk memberangkatkan Ratna Sarumpaet ke Santiago, Chile, untuk menghadiri ‘women playwrights international conference 2018 (WPIC) Chile 2018 atau konferensi internasional perempuan penulis darama.

Namun, ketika hendak brangkat Ratna diamankan oleh pihak berwajib di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Kamis (4/10/18) malam. Alasannya, Ratna dikahwatirkan menggunakan momentum itu untuk melarikan diri dari kasus penyebaran berita bohong yang menjeratnya.[Ipk]

 

Bagikan Ini :