telusur.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengatakan pengawas internasional akan diizinkan masuk ke lokasi pengujian nuklir Korea Utara. Kepastian itu diucapkan setelah bertemu dengan Kim Jong Un.

Pompeo mengakui dalam pembicaraan dengan Jong Un banyak kemajuan yang signifikan dibuat menuju “proses panjang” program denuklirisasi selama pertemuan dengan Kim pada hari Minggu di ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Dikatakan dia, situs uji coba nuklir Punggye-ri Korea Utara, yang terletak di dalam sebuah gunung dekat perbatasan dengan China, telah menjadi lokasi dari semua enam uji coba nuklir negara itu.

Pembongkaran fasilitas dimulai pada bulan Mei, menurut Korea Utara, tetapi pengamat internasional belum diizinkan untuk memeriksa situs untuk memverifikasi klaim.

“Ketua Kim mengatakan dia siap untuk mengizinkan mereka masuk,” kata Pompeo, menambahkan inspektur akan diizinkan segera setelah AS dan Korea Utara menyetujui “logistik”.

Pompeo mengatakan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bahwa pertemuan itu adalah “langkah maju lain” dalam proses denuklirisasi. Pyongyang juga memuji kemajuan yang dibuat dalam sebuah pernyataan yang dirilis kepada media pemerintah.

“Kim Jong Un mengungkapkan kepuasan atas pembicaraan yang produktif dan luar biasa dengan Mike Pompeo di mana sikap saling menguntungkan sepenuhnya dipahami dan pendapat dipertukarkan,” kantor berita Korea Utara KCNA mengatakan. (ham)

Bagikan Ini :