Duta besat Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley. Foto : REUTERS/Brendan McDermid

telusur.co.id – Peran Nikki Haley sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sangat disegani semua negara. Banyak keputusannya yang membuat repot negara oposisi karena dianggap sebagai loyalis Donald Trump.

Namun, tanpa ada angin dan hujan, Nikki Haley memutuskan untuk mengundurkan diri dari duta besar Amerika Serikat untuk PBB. Ada apa?

Keputusan Nikki Haley diumumkan secara langsung oleh Presiden AS, Donald Trump melalui akun twitternya. Donald Trump mengungkapkan telah menerima pengunduran diri Nikki Haley sebagai duta besar AS untuk PBB seperti dilansir reuters.com, selasa.

Waktu keberangkatannya masih belum jelas, situs berita yang berbasis di AS, Axios, melaporkan.

Trump mengatakan di Twitter bahwa ia akan membuat “pengumuman besar” dengan “temannya, Duta Besar Haley di Oval Office pada pukul 10.30 pagi” (14:30 GMT) pada hari Selasa.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan keduanya akan bertemu di Oval Office dengan kehadiran media berita.

Haley adalah yang terbaru dalam daftar panjang anggota staf senior untuk meninggalkan administrasi Trump, termasuk mantan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson yang dipecat pada bulan Maret.

Haley, yang telah menjadi salah satu penasihat Trump yang paling tepercaya, tidak akan mengkonfirmasi laporan itu kepada Reuters ketika ditanya tentang hal itu selama kunjungan ke Gedung Putih pada hari Selasa.

Awal tahun ini, Haley, 46, mengatakan kepada Reuters bahwa, “Setiap hari saya merasa seperti mengenakan pelindung tubuh,” untuk melindungi kepentingan AS di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Haley adalah gubernur Carolina Selatan ketika dia disadap oleh Trump untuk menjadi utusan AS ke PBB. Terpilih sebagai gubernur wanita pertama di negara itu pada tahun 2010, ia berada dalam masa jabatan empat tahun keduanya ketika Trump menjemputnya. (ham)

Bagikan Ini :