Ketua Komisi V-III DPR RI dari Fraksi PAN, Ali Taher Parasong,Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro. Bambang Tri P / telusur.co.id

telusur.co.id – Ketua komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengusulkan agar kota Palu di evaluasi dari statusnya sebagai ibu kota daerah Sulawesi Tengah.

Sebab, selain Palu merupakan daerah yang rawan akan terjadi bencana, untuk daerah ibu kota dinilainya juga harus mempunyai unsur kemanan dan bebas dari potensi bencana agar roda kepemimpinan dari daerah tersebut tidak lumpuh.

“Apakah Palu masih pantas menjadi ibu kota? Karena melihat unsur tanah. Sifat tanahnya kalau dibangun pasti akan hancur lagi,” ucap Ali di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/18).

Apalagi, lanjut dia, peringatan dini atas bencana di Palu sebagai ibu kota juga sangat rendah. Berbeda jauh dengan Bengkulu, yang dinilainya sudah siap akan bencana karena adanya peringatan dini tsunami yang Baik.

Olehh karena itu infrakstrukturnya harus di pikirkan matang-matang untuk merekonstruksi kota  palu. Jadi Perlu dipertimbangkan  betul masih layakkah kota palu sebagai ibu Kota,” ungkapnya. (ham)

Bagikan Ini :