telusur.co.id -Sebanyak 28 ton bantuan masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah, yang dikumpulkan Posko Terpadu UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Pelabuhan Banjarmasin diberangkatkan secara resmi dari Pelabuhan Bandarmasih Trisakti Banjarmasin menuju pelabuhan Palu Sulawesi Tengah dengan mempergunakan Kapal Negara (KN) Kunyit , Rabu (10/10) sekitar pukul 10.00 wita.

Bantuan yang dihimpun hampir sepekan di kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin ini diterima dari berbagai instansi baik daerah atau swasta, pengusaha, organisasi masyarakat atau sosial, hingga pribadi perseorangan.

“Alhamdulillah inilah bentuk kepedulian dari masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah untuk warga korban bencana di Sulawesi Tengah. Mudah-mudahan dapat meringankan dan kepedulian ini terus berlanjut,” ujar Bambang Gunawan, kepala KSOP Banjarmasin.

Dari 28 ton ini, jelas Bambang bantuan yang berhasil dihimpun hampir 1.400an item baik itu pakaian layak pakai, perlengkapan ibu menyusui dan anak balita, susu anak hingga makanan siap saji hingga 1.000 galon air minum bantuan dari Amanah Grup Banjarmasin.

“Insha Allah, ditempuh perjalanan selama 24 jam diperkirakan KN. Kunyit akan tiba pada Kamis besok dan bantuan yang dikirim akan langsung diserahkan ke Posko bantuan di pelabuhan Palu Sulawesi Tengah,” tambah Bambang.

Bantuan warga Kaselteng dikirim ke Sulteng/Achmad Juhriansyah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Assisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Hermansyah yang turut serta melepas keberangkatan KN. Kunyit mengungkapkan bahwa untuk kesekian kali nya warga Kalimantan Selatan mengirimkan bantuan ke warga di Sulawesi Tengah.

“Kepedulian masyarakat Kalimantan Selatan kami apresiasi dan terimakasih banyak untuk bisa berbagi serta membantu sesama. Apalagi seperti diketahui sebenarnya masih banyak masyarakat yang masih mengumpulkan bantuan mudah-mudahan akan ada kembali pihak yang bisa membantu sehingga bantuan yang terkumpul bisa dikirim ke Sulawesi Tengah,” pinta Hermansyah.

Selain mengirimkan bantuan yang terkumpul dari masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah dalam misi kemanusian ini KN. Kunyit juga membawa 12 orang dari personil Senkom yang nantinya bertugas untuk membantu tenaga dilokasi bencana.(Achmad Juhriansyah).

Bagikan Ini :