Amien Rais di Polda Metro Jaya. FOTO: telusur.co.id/Fahri Haidar

telusur.co.id – Setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya selama enam jam, terkait kasus penyebaran informasi bohong yang menjerat Ratna Sarumpaet, Amien Rais langsung pulang dan tidak menuju ke KPK.

“Kita targetnya pukul 14.00 WIB, dari sini ke KPK untuk mengungkap kasus. Tapi beliau pulang karena kelelahan,” kata Dewan Penasihat PA 212 sekaligus politikus PAN, Eggi Sudjana, di depan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/18).

Lantaran batal ke KPK, massa PA 212 yang mengawal Amien ke Polda Metro Jaya akhirnya membubarkan diri. Pantauan di lokasi, sekira pukul 16.20 WIB, massa membubarkan diri setelah mendapatkan instruksi langsung dari Eggi.

Diketahui, Amien yang juga Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Amien yang hadir sekira pukul 10.15 WIB terlihat didampingi sejumlah elit PAN, putrinya Hanum Rais dan sejumlah kuasa hukum. Massa pendukung Amien dari PA 212 juga terlihat di luar Mapolda Metro Jaya.

Amien merasa pemanggilan terhadapnya janggal, karena surat pemanggilan terhadap dirinya tertanggal 2 Oktober 2018. Sementara Ratna sendiri diamankan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada 4 Oktober 2018.

“Ini sangat amat janggal sekali. Ratna Sarumpaet pada tanggal 2 Oktober belum memberikan keterangan apapun,” kata Amien di Mapolda Metro Jaya, hari ini.

Amien juga memprotes nama yang tercantum pada surat pemanggilan terhadapnya tidak lengkap. Polisi, kata dia, tidak menulis kata Muhammad, yang merupakan nama depan Amien Rais.

“Berdasarkan surat panggilan untuk saya tertulis Amien Rais, padahal nama saya itu Muhammad Amien Rais. Jadi saya mau tanya ke AKBP Jerry Siagian dan AKP Niko purba kenapa tidak tertulis nama Muhammad.”

Untuk diketahui, ini adalah pemanggilan kedua bagi Amien Rais. Sebelumnya, Amien tidak hadir di pemanggilan pertamanya, Jumat (4/9/18). Amien juga tidak memberitahukan alasan dirinya tidak hadir saat itu. [ipk]

Bagikan Ini :