foto|net

telusur.co.id – Politisi Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan peristiwa yang dialami oleh atlet Judo Indonesia, Miftahul Jannah yang didiskulifikasi karena mempertahankan jilbabnya perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Setidaknya, tersingkirnya Miftahul Jannah menjadi momentum pemerintah untuk memperjuangkan hijab di pentas olahraga nasional maupun internasional.

“Sikap Miftahul ini erat dengan keyakinan soal batasan aurat bagi seorang muslimah. Sikap ini harus dihargai sebagai bentuk penghargaan terhadap hak asasinya yang dilandasi atas keyakinan keagamaannya,” ungkap Okky melalui keterangan tertuslinya kepada telusur.co.id, Selasa.

Atas hal tersebut, Okky mengusulkan agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Asosiasi Olahraga Judo untuk memperjuangkan penggunaan jilbab dalam pertandingan Judo. Upaya ini juga memberi pesan ke dunia internasional, bahwa perempuan berjilbab sama sekali tidak membatasi aktivitasnya di ruang publik.

Soal teknis desain jilbab yang adaptif bagi atltit Judo dapat mengundang desainer busana muslim dari Indonesia  yang memamg telah menjadi kiblat fashion muslim dunia.

“Momentum ini dapat juga dimanfaatkan pemerintah untuk mempromosikan karya kreatif anak muda Indonesia dalam hal fashion muslimah di kancah dunia internasional khususnya terkait olahraga ini,” tandasnya. (ham)

Bagikan Ini :