Persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia di Kalsel/Achmad Juhriansyah

telusur.co.id-Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak supaya pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018 yang direncanakan akan berlangsung puncaknya di Desa Jejangkit Kabupaten Barito Kuala pada 18 Oktober 2018 mendatang.

Berbagai kesiapan dan persiapan terus dilakukan, kegiatan yang sebelumnya sudah membuka lahan tidur seluas 4 000 hektar lahan, dan menanami 750 hektar dengan padi yang direncanakan akan dihadiri Presiden Jokowi dapat berjalan lancar dan sukses.

“Insha Allah Provinsi Kalimantan Selatan siap melaksanakan peringatan Hari Pangan Sedunia ke 38, berbagai kesiapan dan persiapan sudah dilakukan termasuk mempersiapkan lahan yang sudah dibuka seluas 4.000 hektar termasuk lahan yang sudah ditanami padi seluas 750 hektar yang sudah siap panen dan direncanakan langsung dilakukan Presiden Jokowi,” ujar Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan dalam jumpa awak media di rumah dinas jabatan Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (11/10) siang.

Untuk pelaksanaan dapat berjalan lancar, Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, red) juga berharap masyarakat turut serta mendukung kegiatan.  Direncanakan akan juga dihadiri beberapa Duta Besar negara sahabat serta kepala daerah se Indonesia ini.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia, dan jadikanlah Kalimantan Selatan sebagai daerah pelaksana atau tuan rumah yang sukses penyambutan undangan serta sukses pelaksanaan nya,” pinta Paman Birin.

Sementara itu, Suparno ketua harian panitia daerah pelaksanaan Hari Pangan Sedunia ke 38 tahun 2018 menjelaskan bahwa sudah 99 persen persiapan telah dilakukan baik di lokasi puncak yakni Desa Jejangkit Barito Kuala dan kawasan perkantoran Pemerintan Provinsi Kalimantan Selatan di Cempaka Banjarbaru.

“Insha Allah sudah 99 persen persiapan Hari Pangan Sedunia telah dilakukan, untuk surat ke Presiden Jokowi juga sudah kami kirimkan dan mudah-mudahan tidak ada penundaan, walaupun ada penundaan kami tetap siap,” ujar Suparno yang merupakan kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Suparno menjelaskan bahwa kesiapan ini meliputi lokasi venue, lokasi panen raya, serta lokasi lainnya di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang sedang dibuat kawasan perkampungan petani.

“Untuk lokasi heliped dan parkiran, insha Allah dua hari sebelum hari H pelaksanaan sudah selesai digarap termasuk pengaspalan jalan menuju lokasi,” pungkas Suparno.(Achmad Juhriansyah).

Bagikan Ini :