Video Live Instagram Ani Yudhoyono

telusur.co.id – Presiden keenam Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima anugerah doktor honoris causa dari Universiti Kuala Lumpur (UniKL), Sabtu (13/10/18).

Penganugerahan ijazah akademik itu berlangsung di Putrajaya International Convention Center (PICC), Malaysia.

Dalam keterangan yang diterima redaksi, acara penganugerahan dipimpin langsung oleh HRH The Regent of Pahang, Tengku Abdullah Al-Haj Ibni Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta’in Billah, Chancellor UniKL, yang didampingi Presiden UniKL, Prof. Dato’ Dr. Mazliham Mohd Su’ud.

Acara penganugerahan dilakukan bersamaan dengan Wisuda mahasiswa S1, S2 dan S3 UniKL 2018.

Penganugerahan Doktor Kehormatan kepada Presiden SBY merupakan hasil kajian dan penilaian UniKL terhadap SBY yang telah memberikan sumbangan besar dan memiliki peranan penting dalam mewujudkan hubungan antar bangsa, kemanusiaan dan pendidikan khususnya bagi ASEAN di masa 10 tahun pemerintahannya.

Ini bukan pertama kalinya Presiden RI dua peride itu menerima gelar serupa. Pada tahun 2014, SBY meraih gelar doktor honoris causa dari Universitas Soka, Jepang. Penghargaan yang diberikan Universitas Soka Jepang ini sekaligus menggenapi 10 perolehan doktor honoris causa untuk SBY dari berbagai perguruan tinggi di Asia dan Amerika Serikat selama 10 tahun menjabat sebagai presiden.

SBY pada 2005, menerima gelar doktor honoris causa di bidang ilmu hukum dari Webster University St Louis, Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, dia juga menerima gelar di bidang ilmu politik dari Thammasat University Bangkok, Thailand.

Tahun berikutnya, yakni 2006-2012, SBY tercatat juga menerima gelar doktor honoris causa. Masing-masing diberikan oleh Keio University Jepang, Tsinghua Beijing, serta University Utara Malaysia.

Pada 2013, Ketua Umum Partai Demokrat itu juga kembali meraih gelar doktor di bidang kepemimpinan dan pelayanan publik dari Nanyang Technologi Singapura, serta bidang hukum perdamaian dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Sementara pada tahun 2014, selain gelar dari Universitas Soka, SBY pun meraih gelar doktor dari Universitas Ritsumeikean, Jepang. [ipk]

Siapa Capres - Cawapres Pilihan Anda..?

Bagikan Ini :