Rizal Ramli dalam Diskusi Dialektika" Polemik Impor Beras" di Press Room DPR RI/telusur.co.id

telusur.co.id – Tidak seperti Indonesia yang sejak tahun 2012 gaduh untuk menghadirkan mobil nasional, Esemka, namun tak kunjung ada. Vietnam tanpa banyak basa-basi langsung menggebrak dengan memamerkan dua mobil jenis sedan dan SUV.

Peluncuran mobil nasional Vietnam itu dilakukan dalam acara Paris Motor Show 2018.

Teknokrat senior Rizal Ramli angkat bicara soal itu, ia mengaku sedih, prihatin, malu dan resah-gelisah dengan program mobil nasional Esemka.

Sebab, tiba-tiba ada yang menerobos dengan mobil VinFast nya. “Saya sedih dan prihatin,” kata Menko Ekuin Presiden Gus Dur itu, dalam keterangan kepada wartawan, Jumat malam (12/10/18).

Rizal pun mengaku malu karena ikut membangga-banggakan mobil Esemka, yang pada kenyataannya hingga saat ini belum ada.

“Saya malu hati, dulu saya ikut membangga-banggakan Mobil Esemka dengan Mas Jokowi di acara dialog Metro TV tahun 2012, yang dimoderatori oleh Mas Tommy (Suryopratomo),” kata Rizal Ramli.

Menurut ekonom senior yang tenar dengan sapaan RR itu, Indonesia sangat potensial untuk bisa memproduksi mobil nasional sendiri. Sebab, pembuatan pabrik otomotif hanya membutuhkan skala ekonomi minimum 400.000 unit,sementara pasar dalam negeri 1,7 juta unit.

”Namun tiba-tiba ada yang menerobos dengan mobil VinFast nya. Saya sedih dan prihatin,” kata Mantan Menko Kemaritiman itu. [ipk]

Siapa Capres - Cawapres Pilihan Anda..?

Bagikan Ini :