Seminar Kebangsaan Fraksi Partai Golkar MPR RI bertajuk 'Membangun Pemilu 2019 yang Damai, Bersih dan Bermartabat' di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (15/10/18). FOTO: telusur.co.id

telusur.co.id- Kabaintelkam Polri Komjen Pol Lutfi Lubihanto mengungkapkan, beberapa hal terkait Indeks Kerawanan Pemilu ( IKP) 2019.

Menurut Lutfi, hal ini sesuai dengan rekomendasi yang diberikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepada kepolisian terkait Pemilu serentak.

“Ini mengidentikan pada kerawanan tertentu. Hal lain kita telah mendapat rekomendasi dari Bawaslu dalam IKP diantaranya Polri sebagai insitusi yang paling menjamin berlangsungnya pemilu dengan aman,” kata Lutfi dalam Seminar Kebangsaan Fraksi Partai Golkar MPR RI bertajuk ‘Membangun Pemilu 2019 yang Damai, Bersih dan Bermartabat’ di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (15/10/18).

Dijelaskannya, ada tiga hal yang dilakukan aparat berwajib dalam rangka menjaga Pemilu 2019 agar berjalan lancar.

“Pertama, mengawal dan mengamankan seluruh penyelenggara, kedua berkaitan dengan mengawal warga negara yang memiliki hak suara menyampaikan pendapatnya, dan ketiga, menjaga netralitas dalam rangka menjalankan pengamanan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, ketika dilihat ada ancaman terkait kerawanan-kerawanan, hal itu tidak bisa lepas dari pemilu lalu yakni pilkada 2018 pilkada 2015. Seperti ada daerah yang pemilihannya tertunda di Kalteng dan Fakfak yang disebabkan beberapa hal.

Selain itu, lanjut dia, ada pengajuan gugatan ke MK. Pada evaluasi pilkada 2017, ada gangguan Kamtibmas, ada pengrusakan dan aksi unjuk rasa. Kemudian 2018 cenderung lebih aneh namun masih ada beberapa hal.

Dia memaparkan, di 171 wilayah terdapat kerusuhan yang mengakibatkan korban meninggal dunia dan adanya kesalahan pengiriman logistik dan bebrapa kesalahan lain. Tak hanya itu, banyak para calon tidak fokus dalam pemenangan.

“Kami antisipasi dengan beberapa operasi dalam setiap tahapan. Ini guna menjamin pemilu tertib aman dan menjamin suara pemilih. Jaminan terhadap penyelenggara pemilu, Polri dan instansi TNI menjamin setiap tahapan pemilu,” pungkasnya.[far]

Bagikan Ini :