Students Day FH UBK/Ist

telusur.co.id – Ilmu hukum terus berkembang pesat. Karena itu, atmosfir akademik di Fakultas Hukum Universitas Bung Karno terus ditingkatkan melalui kajian-kajian hukum di Students Day FH UBK.

Penggagas kegiatan Students Day FH UBK, Azmi Syahputra mengatakan, acara ini diadakan setiap hari Selasa pagi mulai pukul 07.00 sampai 09.00 WIB. Adapun temanya, hukum kekinian atau masalah hukum aktual di tanah air.

“Kegiatan Students Day ini untuk menambah nutrisi ilmu hukum mahasiswa. Diharapkan mahasiswa dapat objektif dan berpikir rasional serta solutif atas perkembangan perubahan masyarakat yang semakin cepat karenanya pembelajar hukum juga harus terus menggali petistiwa hukum yang terjadi, serta fokus pada solusi hal apa yang harus diambil sebagai pembelajar hukum,” kata Azmi Syahputra yang juga Ketua Alpa, dalam keterangannya, Selasa (16/10/18).

Pagi tadi, lanjutnya, tema yang dibahas adalah peta arah penegakan hukum Indonesia dengan menggunakan teori efektivitas hukum Soejono Soekamto.

Mahasiswa sebagai pembelajar hukum, diajak menganalisis serta mempetakan mengapa sulit menegakkan hukum di Indonesia. Maka disisirlah persoalan faktor-faktor penegakan hukum.

“Dari sini diketahui di mana kelemahan dan hambatan serta solusi apa yang harus dilakukan,” kata dia.

Disampaikan Azmi, FH UBK terus meningkatkan proses belajar mengajar demi meningkatkan kualitas serta dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini pun mendapat dukungan dari Dekan FH UBK, Daniel Panda. [ipk]

Bagikan Ini :