Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro (tengah), dalam diskusi digelar Perkumpulan Swing Votters di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (21/10/18). FOTO: telusur.co.id/Tio Pirnando

telusur.co.id- Pengamat Politik dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio mengatakan, kelompok pemilih yang belum secara pasti menentukan pilihan (swing voters) diprediksi akan menjadi penentu kemenangan pada Pilpres 2019.

Menurut Hendri, penyebab adanya swing voters ini, karena mereka masih gamang menentukan pilihan dan bisa juga adanya pertimbangan-pertimbangan berbagai hal.

Swing voters (rata-rata) baru akan menentukan pilihan seminggu sebelum pemilihan. Atau pada hari H pencoblosan baru akan menentukan pemilihan,” kata Hendri dalam sebuah diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (21/10/18).

Baca juga: Siti Zuhro: Kaum Milenial Cenderung Pilih Sosok Capres-Cawapres yang Tegas

Dijelaskan Hendri, jumlah swing voters saat ini terbilang cukup banyak. Yakni sekitar 20-30 persen dari total pemilih. Karena itu, tutur Hendri, tidak heran jika mereka nanti akan menajadi penentu Pilpres tahun depan.

Swing voters ini menjadi penentu sebenarnya. Kalau 30 persen swing voters, bisa pegang 10 persen saja (sudah menang),” ungkapnya.[far]

Bagikan Ini :