KKN Mahasiswa Unesa di Desa Cinandang, Mojokerto. FOTO: telusur.co.id/Arianto Deni

telusur.co.id- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kelompok 38 di Desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto telah dimulai. KKN kali ini merupakan gelombang terakhir yang dilaksanakan Universitas Negeri Surabaya pada 2018.

Tematik yang diusung adalah Posdaya. Beberapa bidang yang ada di dalamnya meliputi, bidang Ekonomi, bidang Pendidikan, bidang Kesehatan serta bidang seni, budaya dan agama.

“Program KKN ini selain sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus kami tempuh, juga sebagai bentuk silaturahmi kami serta pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat,” kata Muhammad Abdul Azis selaku Ketua KKN Kelompok 38 Unesa, Minggu, (21/10/18).

Wargas Desa Cinandang menyambut kedatangan peserta KKN dengan baik. Tersedia dua tempat tinggal warga yang diijinkan sebagai tempat istirahat peserta. Hal tersebut menjadi semangat dan tanda bahwa kedatangan peserta telah dinantikan.

Pembukaan KKN Kelompok 38 bertempat di Balai Desa Cinandang. Segenap perangkat desa Cinandang, Kepala Dusun se-Desa Cinandang, PKK, kelompok tani serta tokoh pemuda Karang Taruna Desa Cinandang hadir dalam pembukaan tersebut. Hadir pula Dosen Pembimbing Lapangan Hafid Kholidi Hadi mewakili Lembaga Unesa.

“Atas nama Lembaga kami haturkan terima kasih kepada segenap perangkat dan warga Desa Cinandang telah sudi menerima adik adik kami untuk melaksanakan program KKN. Adik-adik kami pada kesempatan ini masih dalam tahapan belajar sehingga juga memerlukan bimbingan bersama,” kata dosen Jurusan Manajemen tersebut dalam sambutan yang mewakili nama Lembaga Unesa.

“Mohon dapat dianggap sebagai anak sendiri, sehingga ketika adik-adik salah tidak perlu sungkan untuk menegur,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Warsito, mewakili Kepala Desa Cinandang mengatakan, desa nya sangat menyambut kedatangan mahasiswa Unesa yang melakukan KKN.

” Semoga adik-adik dapat beradaptasi dengan lingkungan Cinandang tercinta ini. Intinya adalah nikmati kegiatan yang dirancang adik-adik. Harapan besar kami semoga apa yang telah diprogramkan dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Cinandang,” tandasnya.

Setelah memberikan sambutan, Kasi Pemerintahan Desa Cinandang tersebut membantu mengenakan topi kepada perwakilan peserta KKN secara simbolis, kemudian diikuti oleh seluruh peserta sebagai tanda bahwa program KKN telah diterima dan dibuka secara resmi.[tp]

Laporan: Arianto Deni

Bagikan Ini :