Ketua Banggar DPR RI, Muhammad Azis Syamsuddin/Net

telusur.co.id – Ketua Badan Anggaran DPR RI, Muhammad Azis Syamsuddin mengatakan jika dana kelurahan merupakan usulan dari pemerintah.

Disampaikan Azis, pemerintah berencana akan mengefisiensikan dana desa Rp 73 triliun untuk dana kelurahan Rp 3 triliun.

“Tidak ada porsi penambahan, tetapi pengefisiensi posting. Dari rapat, diambillah suatu kebijakan ya itu efisiensi posting dana desa menuju dana kelurahan,” kata Azis di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10/18).

Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan, banyak yang mengeluh soal dana desa. Keluhannya mempertanyakan kenapa kelurahan tak mendapatkan dana bantuan pemerintah.

Menurut Azis, nantinya dana kelurahan bisa digunakan untuk pembangunan gorong-gorong hingga taman kota. Namun, ia mengalu tak tahu menahu secara rinci, sebab itu bukan tugas Banggar DPR.

“Kalau masalah rinciannya bukan tugas Banggar,” kata Azis.

Sebelumnya, selama ini pemerintah hanya menganggarkan dana desa yang mencapai puluhan triliun rupiah. Pada 2019, Presiden Joko Widodo juga menjanjikan dana kelurahan.

“Dan mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan. Banyak keluhan, ‘pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota’. Ya sudah tahun depan dapat,” kata Jokowi. [ipk]

Bagikan Ini :