Menteri PAN-RB Syafruddin. FOTO: Dok. PANRB

telusur.co.id– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menggelar The International Public Service (IPS) Forum Tahun 2018.

Acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini sebagai wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi bagi penyedia dan pengguna pelayanan publik. ”Forum ini dijadikan wahana pembelajaran interaktif antarnegara dan intranegara dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan inovasi pelayanan publik,” ujar Menpan RB Syafruddin di kantornya, Senin (22/10/18).

IPS Forum 2018 akan diselenggarakan pada 7-8 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Forum internasional yang mengambil tema “Expanding and Improving Public Services Delivery Through Collaborative Action” ini untuk memberikan inspirasi kepada dunia atas inovasi-inovasi pelayanan publik di Indonesia.

Tahun ini, Indonesia meraih juara dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA). “Ini prestasi yang luar biasa. Pertama kalinya Indonesia mendapat piala dari UNPSA,” jelasnya.

Predikat juara ini diperoleh kabupaten di Indonesia bagian Timur, yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat dengan inovasi berjudul Sistem Early Diagnosis and Treatment (EDAT) yang berhasil mengurangi penyakit malaria di Bumi Cendrawasih tersebut.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan,  bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam IPS Forum 2018 meliputi forum diskusi/workshop yang membahas isu-isu di bidang pelayanan publik, marketplace inovasi pelayanan publik, pameran pelayanan publik, dan penyerahan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.

Forum diskusi akan menghadirkan pembicara yang berasal dari berbagai sektor, baik pemerintah maupun di luar pemerintah, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Beberapa Negara yang akan terlibat dalam sesi diskusi ini antara lain Azerbaijan, Korea, Filipina, Jerman, dan lainnya.

Selanjutnya, sesi Marketplace inovasi pelayanan publik akan menghadirkan 35 inovator yang telah terbukti keberhasilannya dalam melakukan terobosan-terobosan untuk perbaikan pelayanan. Pameran pelayanan publik yang diselenggarakan menampilkan berbagai unit penyelenggara pelayanan publik dari Kementerian/Lembaga, perwakilan luar negeri serta potensi unggulan daerah akan disajikan dalam event ini.[Ham]

Bagikan Ini :