telusur.co.id- Dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur terutama pengembangan sumber daya manusia (SDM) konstruksi serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali gelar event Konstruksi Indonesia 2018. Event tersebut bakal digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, pada 31 Oktober hingga 2 November 2018.

Dirjen Bina Konstruksi PUPR Syarif Burhanuddin menjelaskan, konsep event ini nanti akan berdampingan dengan pameran Indonesia Infrastructure Week 2018.

Dalam acara tersebut juga akan dilakukan sertifikasi massal 12.000 tenaga kerja konstruksi yang langsung diserahkan Presiden Joko Widodo.

Syarif menuturkan, untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi bersertifikat tak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Dia mengajak, semua stakeholder konstruksi dan masyarakat bersama pemerintah, bekerjasama dalam hal meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja konstruksi. Hal ini dalam rangka menghadapi era liberalisasi perdagangan jasa.

Apalagi, target pembinaan tenaga kerja kontruksi pada 2018-2019, cukup besar.

“Tahun 2018-2019 target pembinaan tenaga kerja konstruksi Indonesia adalah 3.324.177 per tahun. Untuk pemenuhan kompetensi tenaga kerja konstruksi, tentu bukan tugas yang mudah,” ujar Syarif, di gedung Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (25/10/18).[Ham]

Bagikan Ini :