Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan/Net

telusur.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi, memutuskan menunda pengumuman soal status Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK), untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Sedianya, KPK telah mejadwalkan untuk mengumumkan status politikus PAN itu pada sore hari ini, Senin (29/10/18).

Namun, ditunda hingga Selasa besok, demi menghormati pihak korban Pesawat Lion Air JT 610 yang sedang berduka. Dimana pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu terjatuh pada Senin pagi.

“Rencana konpers (konferensi pers) hari ini kita tunda dulu. Insya Allah besok (Selasa) bisa dilaksanakan. Hari ini sedang dalam kondisi bela sungkawa atas insiden tadi pagi (kecelakaan pesawat Lion Air JT 610),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dalam keterangan persnya, Senin (29/10/18).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, pihaknya akan segera mengumumkan status Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, Senin sore (29/10/18).

Menurut Basaria, pencegahan ke luar negeri terhadap Taufik terkait kepentingan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

“Agar clear, info tentang kepastian status hukum dan keterkaitan dalam kasus Kebumen seperti apa, akan kami sampaikan sore ini,” kata Basaria dalam keterangan tertulis, Senin.

Basaria menjelaskan, KPK sudah mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri terhadap Taufik ke Direktorat Jenderal Imigrasi, Jumat (26/10/18).

“Perlu dipahami, pencegahan ke luar negeri tersebut dapat dilakukan terhadap saksi atau tersangka, dan menurut Pasal 12 UU KPK, dapat dilakukan di tahap penyelidikan, penyidikan atau penuntutan,” kata Basaria.

Sebelumnya, Taufik Kurniawan permah mendatangi gedung Merah Putih KPK, Rabu (5/9/18). Taufik mengaku kedatangannya untuk menyampaikan keterangan terkait mekanisme pembahasan APBN kepada penyelidik KPK. [ipk]

Bagikan Ini :