foto/telusur.co.id
telusur.co.id – Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang kampanye, ada yang berbeda soal kampanye di luar negeri di Pemilu  2019 dengan kampanye di Pemilu sebelumnya.
Begitu dikatakan Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam diskusi “Ngobrolin Pemilu” di Media Center KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Puusat, Selasa (30/10/18).
“Sebelumnya, kantor perwakilan RI di luar negeri bisa dipakai untuk kampanye. Tapi sekarang kantor perwakilan RI di luar negeri tak boleh dipakai untuk kampanye,” kata Wahyu.

Lalu bagaimana cara berkampanye di luar negeri? Wahyu menjelaskan, ada beberapa metode kampanye di luar negeri, di antaranya adalah dengan pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan sebagainya.

“Tapi yang jelas tidak boleh di kantor perwakilan RI,” ujarnya.
Jadi, lanjut Wahyu, bukannya tidak diperbolehkan kampanye di luar negeri. Tetapi, kampanye diperbolehkan tetapi tidak di kantor perwakilan RI di luar negeri.
“Harus dipahami bahwa kampanye tidak harus dihadiri peserta Pemilu. Tapi bisa juga dihadiri oleh tim kampanye dan pelaksana kampanye,” tandasnya.[far]
Bagikan Ini :