Politisi Partai Nasdem Okky Asokawati. foto|net

telusur.co.id– Pemerintah diminta segera melayangkan protes keras kepada Arab Saudi terkait eksekusi mati pekerja mirgran asal Majalengka, Jawa Barat, Tuti Tursilawati. Sebab, eksekusi mati terhadap Tuti, tanpa ada pemberitahuan atau notifikasi terlebih kepada pemerintah Indonesia.

Demikian disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR Periode 2014-2018 Okky Asokawati dalam keterangannya, Rabu (31/10/18).

“Pemerintah RI harus melakukan protes keras atas tindakan pemerintah Arab Saudi yang mengeksekusi warga Indonesia di Arab Saudi,” kata Okky.

Okky menegaskan, tindakan pemerintah Arab Saudi merupakan pelecehan terhadap Tanah Air. “Apa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi merupakan tindakan pelecehan terhadap bangsa Indonesia. Tindakan itu juga melanggar prinsip hukum internasional,” tegasnya.

Menurut Okky, jika pemerintah melakukan protes, hal itu adalah sebuah pesan keras terkait kedaulatan Indonesia. Selain itu, protes ini juga merupakan wujud implementasi pesan konstitusi di mana negara wajib melindungi segenap tumpah darah bangsa Indonesia.

“Protes ini memberi pesan bahwa ini persoalan kedaulatan kita sebagai bangsa sekaligus sebagai bentuk implementasi konstitusi,” tandasnya.[Ipk]

Bagikan Ini :