ilustrasi. foto net

telusur.co.id – Anggota Komisi IX yang membidangi Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kependudukan DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Abidin Fikri geram dengan sikap pemerintah Arab Saudi yang menghukum mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Tuty Tursilawati.

“Kita mengecam keras eksekusi mati terhadap pekerja migran Indonesia Tuty Tursilawati di Arab Saudi pada 29 Oktober 2018,” ungkap Abidin dalam keterangan tertulisnya.

Kecaman itu lantaran Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tidak menyampaikan pemberitahuan eksekusi (mandatory consular notification) kepada perwakilan negara Republik Indonesia. Sikap ini jelas mengabaikan prinsip-prinsip tata krama hukum internasional.

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengabaikan prinsip Hak Asasi Manusia yaitu hak setiap orang untuk hidup serta mempertahankan hidup dan kehidupannya,” tegasnya.

Yang lebih parah lagi, katanya, penegak hukum Arab Saudi masih tetap tidak terbuka dalam bekerja sama menyelesaikan kasus hukum para pekerja migran asal Indonesia. Untuk itu, dia menyarankan kepada pemerintah Indonesia memperketat kerjasama pekerja migran Indonesia dengan Arab Saudi. (ham)

Bagikan Ini :