telusur.co.id – Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) mendesak pemerintah mengeluarkan status bencana nasional atas musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Saya mendorong bencana nasional, karena ini sudah lebih dari 1000 orang meninggal,” ucap OSO di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (01/10/18).

Jika pemerintah tidak mengeluarkan status bencana nasional, dikhawatirkan warga yang menjadi korban kurang tertangani dengan baik.

Bukan hanya itu, senator asal Kalimantan Barat ini juga mengaku sangat setuju apabila dalam menangani bencana di Palu, anggaran tanggap bencana sebesar Rp 500 miliar lebih itu dinaikan. “Pemerintah perlu menaikan anggaran,” katanya.

BACA JUGA :  Yakin Didukung Wiranto, OSO Bakal Tindak Tegas Kader Pembangkang

Menurutnya, kenaikan itu diperlukan untuk menangangi korban yang sedang mengalami musibah. Apalagi, Indonesia rawan terjadi bencana. “Kalau namanya musibah itu hukumnya halal.”

Untuk diketahui, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, pihaknya menyiapkan anggaran Rp 560 miliar untuk menangani masa tanggap bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Menurutnya, dana itu di gunakan untuk hal-hal seperti bantuan logistik serta bantuan teknis operasional bagi pemerintah daerah setempat untuk mengirimkan bantuan hingga pelaksanaan evakuasi.

BACA JUGA :  Di Depan Jokowi, Oso Dianugrahi Penghargaan Warta Bakti Utama

Ia juga mengatakan belanja logistik akan dipusatkan di Makassar untuk kemudian diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

Akan tetapi menurut Sutopo, BNPB juga menghadapi hambatan pengelolaan dana tersebut. Karena. Mereka belum selesai menangani gempa Lombok yang membutuhkan dana triliunan.

Untuk itulah, ia juga meyebut. pihaknya akan mengajukan penambahan dana ke Kementerian Keuangan bila dana Rp 560 miliar tersebut kurang untuk menangani gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini