Rizal Ramli dalam Diskusi Dialektika" Polemik Impor Beras" di Press Room DPR RI/telusur.co.id

telusur.co.id – Mobil merk Esemka yang digaungkan sebagai mobil nasional tengah ramai menjadi perbincangan.

Sebab, kendaraan roda empat itu dikabarkan akan segera dirilis dalam waktu dekat ini.

Nampaknya mobil tersebut akan menjadi primadona baru untuk masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, baru kabar akan diproduksi saja, sudah banyak elit yang mengungkapkan keinginannya untuk memiliki.

Seperti mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli yang mengaku ingin membeli satu unit mobil Esemka jika benar-benar diluncurkan.

Keinginan memiliki mobil Esemka itu diutarakan ekonom senior itu melalui akun Twitter miliknya, yang terpantau telusur.co.id, Jumat (2/11/18).

Saya ikut memperkenalkan mobil Esemka dgn Mas @jokowi di Metro TV akhir 2012. Seandainya betul Esemka akan dilaunch, tapi bukan sekedar tempelen merk mobil China, saya ingin pesan satu mobil Dgn pasar mobil 1,7 juta/tahun. Cita2 mobil nasional sangat mungkin dicapai,” tulis Rizal.

Saya ikut banggakan Esemka dgn Mas @jokowi di Metro TV akhir 2012. Dgn pasar mobil 1,7 juta/tahun. Cita2 mobil nasional sangat mungkin dicapai. Wong Minimum Economics of Scale hanya 300.000 Unit. Harus ada teroboson, spt mobil listrik nasional. Kita bisa kok jadi bangsa hebat.”

Sebelumnya, calon Wakil Presiden nomor pemilihan dua, Sandiaga Uno juga merasa tidak sabar dan ingin menjadi pembeli pertama mobil Esemka.

Sandi pun mendukung penuh kehadiran mobil nasional tersebut. Kehadiran Esemka, kata dia, akan memberi efek dan manfaat besar dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

“Saya sangat mendukung mobil esemka itu, karena mobil nasional ini sudah lama kita tunggu dan mungkin kita husnuzon saja. Bahwa mungkin ada delay teknis dan sebagainya, saya yakin Esemka untuk membuka lapangan pekerjaan seluasnya,” kata Sandiaga kepada wartawan, Kamis (1/11/18).

“Mobil dengan teknologi tinggi ini sudah ditunggu 5 tahun, karena kemarin kan Pilpres 2014 akan dilaunching dan sekarang Pilpres 2019 akan dilaunching, kita akan sangat menunggu dan InsyaAllah saya akan menjadi pembeli pertama.” [ipk]

Bagikan Ini :