Skuad Timnas Indonesia tenga latihan. FOTO: Dok. PSSI

telusur.co.id- Tim Nasional (Timnas) Indonesia menjalani latihan perdana pada pemusatan latihan (TC) terakhir di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (2/11/18). Pada latihan ini diikuti 22 pemain dibawah komando pelatih Bima Sakti.

TC terakhir ini dilakukan jelang AFF Suzuki Cup 2018 yang akan berlangsung 8 November hingga 15 Desember. Para pemain tampak enjoy, penuh semangat dan serius menerima menu latihan dari tim pelatih.

Pelatih Bima Sakti mengatakan bahwa latihan ringan menjadi menu utama para pemain di hari ini. Ia menyebut pemain butuh adaptasi karena beberapa pemain baru saja berkompetisi pada awal pekan ini.

“Jadi banyak latihan ringan tadi, kemudian ada small side games. Selain itu menu latihan bagaimana cara mereka bertahan karena dua hari ini kita fokus bagaimana bertahan, dua hari kemudian bagaimana menyerang,” kata Bima Sakti, dilansir dari lama resmi PSSI.

Pelatih berusia 42 tahun ini menambahkan bahwa materi taktik juga diselipkan pada latihan tadi. Seperti tadi transisi dari menyerang, dan bagaimana bertahan.”Kondisi pemain semua oke, hanya Stefano Lilipaly yang hari ini agak sedikit cedera di punggung kaki. Jadi dia latihan terpisah. Semoga dalam waktu dekat dia sudah fit dan dapat menjalani latihan,” tambahnya.

Pada ajang AFF Suzuki Cup 2018, Indonesia berada di Grup B bersama juara bertahan Thailand, juara empat kali turnamen ini Singapura serta Filipina dan Timor Leste. Indonesia akan menghadapi laga perdana dengan melawan Singapura pada 9 November mendatang.

Pemusatan latihan di Cikarang akan dilakukan hingga 5 November mendatang. Tim kemudian bertolak ke Singapura pada tanggal 6 November. Pemusatan latihan di Cikarang dilakuakn dengan sistem terbuka dan tertutup. Hal ini demi para pemain fokus mengahadapi ajang bergengsi anatar negara ASEAN tersebut.

Pemain belakang Timnas Indonesia, Ricky Fajrin mengatakan bahwa ini turnamen ini bagi dirinya adalah debut pertamanya bersama Timnas Indonesia.

“Saya sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik buat Indonesia. Skuat inti atau tidak, tergantung pelatih. Harapannya kalau dimainkan adalah ingin memberikan yang terbaik,” ucap Ricky.

“Thailand pasti, tahu sendiri lah dari dulu kan yang juara selalu Thailand. Filipina naturalisasinya banyak, mungkin itu yang bisa mempersulit Timnas Indonesia,” tambahnya.[tp]

Bagikan Ini :