Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan/Net

telusur.co.id – Pimpinan KPK belum dapat memastikan apakah akan langsung melakukan penahana kepada Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan yang saat ini tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang menyampaikan, pihaknya menunggu hasil pemeriksaan penyidik terhadap Taufik.

Usai menunggu hasil pemeriksaan, penyidik akan memberikan masukan apakah langsung menahan Wakil Ketua Umum PAN itu atau sebaliknya.

“Nanti penyidik memberikan saran ke pimpinan seperti apa, namun pimpinan yang akan memutuskan guna mempercepat proses penyidikan langkah yang sebaiknya seperti apa,” kata Saut saat dikonfirmasi, Jumat (2/11/18).

“Pimpinan tentu memiliki pertimbangan juga. Kita tunggu saja.”

Taufik Kurniawan akhirnya datang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi, hari ini.

Taufik terlihat sampai di Gedung KPK, sekitar pukul 9.30 WIB, didampingi kuasa hukumnya Arifin Harahap.

Sesampai di Gedung KPK, Taufik berujar akan mengikuti proses hukum dengan baik.

Dalam kasus ini, Taufik diduga menerima suap terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016 untuk alokasi APBD Perubahan Kabupaten Kebumen 2016.

“Diduga Taufik menerima sekurang-kurangnya sebesar Rp 3,65 miliar dari pengesahan DAK tersebut,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, pada konferensi pers, Selasa (30/10/18). [ipk]

Bagikan Ini :