telusur.co.id – Keberadaan merek mobil Esemka yang diklaim bakal menjadi mobil nasional, kembali menggeliat. Bahkan kabar yang berhembus kendaraan roda empat itu siap diproduksi massal.

Terkait itu, Presiden Joko Widodo menyatakan jika urusan produksi bakal dilakukan oleh industri. Orang nomor satu di Republik ini mengaku cuma mendorong agar Esemka bisa dikembangkan dan diproduksi massal.

“Ini kan mobil esemka dulu produk uji coba, prototipe dari anak-anak SMK dibantu beberapa teknisi dari perusahaan besar. Kemudian jadi yang namanya mobil Esemka, kan bagus,” kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu, yang videonya beredar di Youtube.

Ketika masih menjadi Wali Kota Solo, kata Jokowi, dirinya hanya mendorong agar mobil esemka ini diuji kelayakanya. Jika memang sudah layak, maka bisa kerjasama dengan industri untuk diproduksi massal.

‎”Saya waktu jadi walikota hanya mendorong, hanya mendorong loh, jangan dipikir saya yang membuat mobil Esemka, hanya mendorong agar mobil itu bisa uji emisi, uji layak jalan, hanya itu. Setelah jadi diserahkan kepada industri. Mau diproduksi ya bukan urusan kita. Masa Presiden mau bikin pabrik sendiri,” kata dia.

Namun, jika‎ mobil esemka ini benar-benar akan diproduksi massal, maka bekas Gubernur DKI Jakarta ini akan sangat mengapresiasi hal tersebut.

“Itu dikerjakan penuh oleh industri, urusan saya, urusan apa dengan esemka, nggak ada urusan pemerintah. Itu dikerjakan penuh oleh industri, dikerjakan swasta. Kita nggak ikut campur di situ. Tapi kalau jadi, saya akan datang, karena jelas brand Indonesia,” kata Jokowi. [ipk]

Bagikan Ini :