Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno/telusur.co.id

telusur.co.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno melakukan silaturahmi dengan ribuan peserta perkemahan santri nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Dalam acara itu, Sandiaga memberi motivasi kepada para santri.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, sosok pengusaha yang paling sukses adalah Muhammad SAW. Ia menegaskan, kehadirannya di depan para santri bukan sebagai politisi dan bukan untuk berkampanye, namun untuk membagi pengalaman bagi para santri.

“Saya dulu pegawai biasa. Sekitar 21 tahun lalu, saya dipecat karena krisis. Tapi itu jalan saya setelah dipecat, saya mulai usaha menjadi pengusaha konsultan keuangan. Banyak kegagalan tapi ternyata Allah memberi kesempatan usaha yang dibangun tiga orang dan hari ini bisa mempekerjakan 30 ribu orang,” kata Sandiaga, Kamis (1/11).

Sandiaga berharap, para santri menjadi bagian dari pertumbuhan perekonomian bangsa. Sandiaga menuturkan terdapat sejumlah etos kerja untuk kunci sukses sebagai pengusaha. Pertama kerja keras. Kedua adalah kerja cerdas, dan terakhir kerja ikhlas.

“Dibalik kesulitan ada kemudahan. Saya di PHK itu saya anggap sebagai kesulitan tapi ternyata jadi kemudahan karena saya dipindahkan dari seorang pegawai jadi pengusaha,” ujar Sandiaga seraya tersenyum.

Sandiaga menambahkan, saat ini dirinya sudah bertransformasi dari seorang pengusaha menjadi birokrat. “Anies dan saya bertugas di DKI Jakarta. Setiap ada perubahan selalu Allah menjanjikan kemudahan di belakang itu,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan, Prabowo-Sandi akan mengarahkan para santri menjadi santripreuner. Santri menjadi pengusaha yang bisa membuka lapangan kerja dan membuka usaha. “Selesai menimba ilmu, santri bisa mandiri punya usaha sendiri. Tidak bergantung pada orang lain, namun menebar manfaat,” tutup Sandiaga.[far]

Bagikan Ini :