Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan/Net

telusur.co.id – Usai ditahannya Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada, Jumat (2/11/18), Kursi yang didudukinya otomatis harus segera diisi.

Beredar kabar ada tiga nama yang disebut sebut- sebut sebagai kandidat kuat pengganti Taufik sebagai Wakil Ketua DPR, mereka antara lain seperti Viva Yoga Mauladi, Teguh Juwarno, dan Mulfachri Harahap.

Menyikapi hal itu Pengamat poltik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta Ujang Komaruddin¬†menilai ketiganya memiliki peluang besar menggantikan posisi Taufik. “Tiga nama tersebut berpeluang menggantikan taufik,” ucap dia saat di hubungi telusur.co.id, Sabtu (3/11/18).

Hal itu kata Ujang, ketiga orang tersebut memiliki pengalaman dan rekam jejak yang bagus dalam memimpin, “Semua memiliki kelebihan,” ucap dia

Namun begitu lanjut Ujang, dalam politik semua tergantung pada kedekatan dengan para elit dan pengurus PAN. Karena, pengalaman bisa saja dikalahkan dengan kedekatan dengan para elit dan petinggi parpol.

“Yang jelas. Harus diambil dari kader yang berpengalaman, senior, memiliki track record yang baik, dan menjadi public relation yang baik bagi DPR,” terang dia.

Diketahui, Pada Jumat (2/11/2018), Taufik memenuhi panggilan KPK pada pukul 09.30 WIB. Kehadiran Taufik untuk memberikan keterangan terkait kasus DAK Kabupaten Kebumen kepada KPK. Usai menjalani pemeriksaan, KPK langsung menahan Wakil Ketua DPR tersebut.[far]

Bagikan Ini :