Awak kapal Pertamina mengamati serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat. FOTO: telusur.co.id/Dudun Hamidullah

telusur.co.id– Tim gabungan menemukan uang dolar Singapura, foto hasil USG, bagian tubuh korban, hingga serpihan pesawat pada pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 hari kelima, Jumat (2/11/18). Barang-barang tersebut langsung diserahkan ke Posko Utama di Tanjungpriok.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Harsono. “Kami masih menemukan serpihan pesawat, sandal, sepatu bayi, dan bagian tubuh korban,” katanya.

Disebutkan, pada hari kedua pencarian, ada 8 kantong jenazah dan beberapa serpihan pesawat yang ditemukan. Hasil temuan itu kemudian dikirim ke posko utama (Tanjung Priok) dan kemudian diserahkan ke RS Polri Kramatjati untuk diidentifikasi.

Kemudian, kata dia, pada hari kelima pencarian, tim gabungan menemukan tiga lembar uang dolar Singapura, pas foto, dan foto hasil USG di Muara Bungin, perbatasan perairan Karawang dan Kabupaten Bekasi.

“Barang-barang itu diduga kuat milik penumpang (Lion Air),” ujarnya.

Harsono mengatakan, pada hari kelima pencarian, angin bertiup lebih kencang dari biasanya hinga mencapai 10 knot dibanding hari sebelumnya, 6 knot. Meski demikian, tim gabungan tetap melakukan penyisiran hingga perairan Indramayu.

“Penyisiran dilakukan hingga 45 derajat dari sudut 45 derajat, yakni hingga perairan Indramayu. Kami (SAR Bandung) fokus pencarian di permukaan. Pencarian juga dilakukan hingga muara Sungai Citarum untuk mengantisipasi kemungkinan adanya serpihan pesawat,” katanya.[far]

Bagikan Ini :